WikiLeaks

Bookmark and Share

WikiLeaks adalah media internasional baru non-profit organisasi yang menerbitkan pengajuan dinyatakan dokumen tidak tersedia dari sumber berita anonim dan kebocoran berita. Its website, diluncurkan pada tahun 2006, dijalankan oleh Sunshine Press. Dalam waktu satu tahun peluncurannya, situs ini mengklaim database yang telah tumbuh menjadi lebih dari 1,2 juta dokumen. Organisasi menggambarkan dirinya sebagai yang telah didirikan oleh pembangkang Cina, serta wartawan, matematikawan, dan start-up perusahaan teknologi dari Amerika Serikat, Taiwan, Eropa, Australia, dan Afrika Selatan. Julian Assange, seorang aktivis internet Australia, secara umum digambarkan sebagai direkturnya.
WikiLeaks telah memenangkan beberapa penghargaan, termasuk majalah Economist 2008 Award New Media. Pada bulan Juni 2009, WikiLeaks dan Julian Assange memenangkan Amnesty International Inggris Media Award (dalam kategori "New Media") untuk publikasi 2008 dari "Kenya: Menangis Darah - Extra Yudisial Pembunuhan dan Penghilangan", sebuah laporan oleh Kenya Komisi Nasional Hak Asasi Manusia tentang pembunuhan polisi di Kenya. Pada bulan Mei 2010, New York Daily News terdaftar WikiLeaks pertama dalam peringkat "website yang benar-benar bisa mengubah berita". Rusia memberikan dukungan kepada WikiLeaks dan pendirinya Julian Assange dengan mengeluarkan pernyataan yang menunjukkan bahwa Assange harus dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian, setelah dari Amerika Serikat diplomatik kabel bocor.
Pada bulan April 2010, WikiLeaks posted video dari insiden 2007 di mana warga sipil Irak dan wartawan dibunuh oleh pasukan AS, pada sebuah situs web disebut Jaminan Pembunuhan. Pada bulan Juli tahun yang sama, WikiLeaks dirilis Perang Afganistan Diary, sebuah kompilasi lebih dari 76.900 dokumen mengenai Perang di Afghanistan yang sebelumnya tidak tersedia untuk tinjauan publik [13] Pada bulan Oktober,. Kelompok merilis sebuah paket dari hampir 400.000 dokumen disebut Irak Log perang dalam koordinasi dengan organisasi-organisasi media komersial. Pada bulan November 2010, WikiLeaks mulai melepaskan kabel AS Negara Departemen diplomatik.
WikiLeaks awalnya diluncurkan sebagai situs wiki pengguna diedit, tapi telah semakin bergerak menuju model publikasi yang lebih tradisional, dan tidak lagi menerima komentar baik pengguna atau suntingan. Situs ini tersedia pada beberapa server dan nama domain yang berbeda setelah sejumlah serangan denial-of-service dan pesangon dari berbeda (DNS) penyedia Domain Name System. Download Semua Dirilis Bocor Arsip  

Sejarah
Nama domain wikileaks.org telah didaftarkan pada tanggal 4 Oktober 2006. Website ini diresmikan, dan diterbitkan dokumen pertama pada bulan Desember 2006. Situs ini mengklaim telah "didirikan oleh pembangkang Cina, wartawan, ahli matematika dan teknologi start-up perusahaan, dari Amerika Serikat, Taiwan, Eropa, Australia dan Afrika Selatan".
Pencipta WikiLeaks belum secara resmi diidentifikasi. Ini telah diwakili di depan umum sejak Januari 2007 oleh Julian Assange dan lain-lain. Assange menggambarkan dirinya sebagai anggota dewan penasihat WikiLeaks '. laporan News in The Australian telah disebut Assange dengan "pendiri WikiLeaks". Menurut majalah Wired, seorang sukarelawan mengatakan bahwa Assange menggambarkan dirinya dalam sebuah percakapan pribadi sebagai "jantung dan jiwa organisasi ini, pendirinya, filsuf, juru bicara, koder asli, organizer, pemodal, dan semua yang lain". Sampai Juni 2009 [update], situs tersebut memiliki lebih dari 1.200 relawan terdaftar dan tercatat dewan penasehat yang terdiri dari Assange, Phillip Adams, Wang Dan, CJ Hinke, Ben Laurie, Tashi Namgyal Khamsitsang, Xiao Qiang, Chico Whitaker dan Wang Youcai. Meskipun muncul pada daftar, saat dihubungi oleh majalah Mother Jones pada tahun 2010, Khamsitsang mengatakan bahwa meskipun ia menerima e-mail dari WikiLeaks, ia tidak pernah setuju untuk menjadi penasihat.
WikiLeaks menyatakan bahwa "minat utama adalah dalam mengungkap rezim yang menindas di Asia, blok Soviet, Sub-Sahara Afrika dan Timur Tengah, namun kami juga mengharapkan untuk bantuan kepada orang-orang dari semua daerah yang ingin mengungkapkan perilaku tidak etis dalam mereka pemerintah dan perusahaan. "
Pada bulan Januari 2007, situs menyatakan bahwa ia telah lebih dari 1,2 juta dokumen bocor yang sedang menyiapkan untuk menerbitkan. Sebuah artikel di The New Yorker mengatakan:
Salah satu aktivis WikiLeaks memiliki sebuah server yang sedang digunakan sebagai node untuk jaringan Tor. Jutaan transmisi rahasia melewatinya. Para aktivis melihat bahwa hacker dari China menggunakan jaringan untuk mengumpulkan informasi pemerintah asing ', dan mulai merekam lalu lintas ini. Hanya sebagian kecil yang pernah diposting pada WikiLeaks, namun tahap awal menjabat sebagai dasar situs, dan Assange bisa berkata, "[w] e telah menerima lebih dari satu juta dokumen dari tiga belas negara."
Assange menanggapi saran yang menguping hacker Cina memainkan peran penting dalam hari-hari awal WikiLeaks dengan mengatakan "tuduhan itu tidak benar. Perhatian fakta penyelidikan 2006 menjadi salah satu spionase China kontak kami terlibat di dalamnya suatu tempat antara ada dan sejumlah dokumen-dokumen yang pernah dirilis pada WikiLeaks. Non-pemerintah target dari spionase Cina, seperti Tibet asosiasi diberitahu (oleh kami) ". Kelompok ini kemudian merilis sejumlah dokumen penting lainnya yang telah menjadi berita halaman depan, mulai dari dokumentasi pengeluaran peralatan dan kepemilikan dalam perang Afghanistan untuk korupsi di Kenya.
Tujuan yang dinyatakan organisasi itu adalah untuk memastikan bahwa pelapor dan jurnalis tidak dipenjara untuk dokumen yang sensitif atau disebut email, seperti yang terjadi kepada wartawan Cina Shi Tao, yang dijatuhi hukuman 10 tahun pada 2005 setelah mempublikasikan email dari para pejabat Cina tentang peringatan Tiananmen Square pembantaian.
Proyek ini telah menarik perbandingan dengan Daniel Ellsberg's bocor dari Pentagon Papers pada tahun 1971. Di Amerika Serikat, yang bocor dari beberapa dokumen yang dapat dilindungi oleh hukum. Mahkamah Agung AS telah memutuskan bahwa Konstitusi menjamin anonimitas, setidaknya di bidang wacana politik. Penulis dan wartawan Whitley Strieber telah berbicara tentang manfaat dari proyek WikiLeaks, mencatat bahwa "Bocornya dokumen pemerintah dapat berarti penjara, namun hukuman penjara untuk ini dapat cukup singkat. Namun, ada banyak tempat di mana itu berarti penahanan panjang atau bahkan kematian, seperti Cina dan bagian Afrika dan Timur Tengah. "
Pada tanggal 24 Desember 2009, WikiLeaks mengumumkan bahwa mereka sedang mengalami kekurangan dana [33] dan membekukan semua akses ke situs web perusahaan kecuali untuk bentuk untuk mengirimkan materi baru. Material yang diterbitkan sebelumnya tidak lagi tersedia, meskipun beberapa masih bisa diakses di mirror tidak resmi. WikiLeaks lain pada situs web yang akan melanjutkan operasi penuh pada saat biaya operasional tertutup. WikiLeaks melihat ini sebagai semacam mogok "untuk memastikan bahwa semua orang yang terlibat berhenti kerja normal dan benar-benar menghabiskan waktu meningkatkan pendapatan". Sementara organisasi awalnya direncanakan untuk dana yang dijamin sebesar 6 Januari 2010, ia tidak sampai 3 Februari 2010 yang WikiLeaks mengumumkan bahwa tujuan penggalangan dana minimum telah tercapai.
Pada tanggal 22 Januari 2010, PayPal menangguhkan account sumbangan WikiLeaks 'dan membekukan asetnya. WikiLeaks mengatakan bahwa hal ini pernah terjadi sebelumnya, dan dilakukan untuk "tidak ada alasan yang jelas". Akun tersebut telah dikembalikan pada tanggal 25 Januari 2010. Pada tanggal 18 Mei 2010, WikiLeaks mengumumkan bahwa situs mereka dan arsip sudah kembali up.
Pada Juni 2010, WikiLeaks adalah seorang finalis untuk hibah lebih dari setengah juta dolar dari John S. dan James L. Knight Foundation, tetapi tidak membuat cut. WikiLeaks berkomentar, "WikiLeaks adalah proyek peringkat tertinggi di tantangan Knight, sangat dianjurkan untuk papan tetapi tidak mendapatkan pendanaan. Go figure ". WikiLeaks mengatakan bahwa yayasan Knight mengumumkan penghargaan untuk "'12 Penerima yang akan mempengaruhi masa depan berita '- tetapi tidak WikiLeaks" dan mempertanyakan apakah yayasan Knight "benar-benar mencari dampak". Seorang juru bicara Yayasan Knight disengketakan bagian dari pernyataan WikiLeaks ', mengatakan Namun "WikiLeaks tidak dianjurkan oleh staf Knight ke papan tulis.", Ia menolak untuk mengatakan apakah WikiLeaks adalah proyek peringkat tertinggi oleh panel Knight penasehat, yang terdiri dari non -staf, di antara mereka wartawan Jennifer 8. Lee, yang telah melakukan pekerjaan PR untuk WikiLeaks dengan pers dan di situs jejaring sosial.
Pada tanggal 17 Juli Yakub Appelbaum berbicara atas nama WikiLeaks pada 2010 Hacker pada konferensi Bumi Planet di New York City, menggantikan Assange karena adanya agen-agen federal di konferensi. Ia mengumumkan bahwa sistem penyampaian WikiLeaks kembali berdiri dan berjalan, setelah itu telah dihentikan sementara. Assange adalah pembicara kejutan pada konferensi TED pada tanggal 19 Juli 2010 di Oxford, dan menegaskan bahwa WikiLeaks sekarang menerima pengajuan lagi.
Setelah kembali ke AS dari Belanda, pada 29 Juli, Appelbaum ditahan selama tiga jam di bandara oleh agen-agen AS, menurut sumber-sumber anonim. Sumber-sumber mengatakan kepada CNET bahwa tas Appelbaum adalah dicari, penerimaan dari tasnya yang difotokopi, laptop-nya diperiksa, meskipun dengan cara apa tidak jelas. Appelbaum dilaporkan menolak untuk menjawab pertanyaan tanpa kehadiran pengacara, dan tidak diizinkan untuk membuat panggilan telepon. tiga Nya ponsel dilaporkan diambil dan tidak dikembalikan. Pada tanggal 31 Juli, ia berbicara pada sebuah konferensi Defcon dan disebutkan teleponnya sedang "disita". Setelah berbicara, ia didekati oleh dua agen FBI dan dipertanyakan.
Assange dikutip mengakui bahwa praktek-nya sebagian besar posting tanpa filter online informasi rahasia suatu hari nanti bisa memimpin situs Web untuk memiliki "Darah Pada Hands kami."

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar